Yuk Bunda Pelajari Cara Meningkatkan ASI!

 

Images Credit by www.iflscience.com

Images Credit by www.iflscience.com

Bunda, sudah baca artikel mengenai dahsyatnya manfaat ASI eksklusif bukan? Tetapi banyak ibu takut mereka tidak memproduksi ASI cukup untuk memenuhi bayi mereka. Dalam kebanyakan kasus, rasa takut didasarkan pada alarm palsu, seperti waktu menyusui lebih pendek atau pertumbuhan nafsu makan alami. Ini adalah skenario alami banyak ibu mengalami saat menyusui. Jika bayi bunda, bagaimanapun mengalami kurang gizi, atau lebih buruk lagi, jika dia kehilangan berat badan, maka meningkatkan produksi ASI dapat membantu. Mau tahu caranya? Berikut ini cara meningkatkan ASI menurut Wikihow:

Peningkatan Produksi Pra-Menyusui

Mengkonsumsi minimal 1.800 kalori sehari dan minum setidaknya 6 gelas cairan saat bunda menyusui. Jika saat ini bunda berdiet, itu bisa mengurangi produksi ASI bunda. Tidak mengherankan, apa yang bunda makan memiliki dampak besar pada kualitas dan kuantitas susu yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa panduan umum bagi bunda untuk mengingat tentang diet dan ASI:
Cari sumber kalsium yang sangat baik. Ini akan membantu tulang bayi kecil kecil bunda tumbuh sehat dan kuat. Makanan yang kaya kalsium meliputi produk susu (opt untuk produk susu organik, namun), sayuran berdaun hijau, dan ikan tertentu (sarden dan salmon).
Makan buah-buahan dan sayuran. Membuat buah-buahan dan sayuran bagian besar dari diet bunda, karena mereka dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat.
Pilihlah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih sehat daripada karbohidrat olahan. Karbohidrat kompleks terdapat pada bahan seperti beras merah, pasta gandum dan roti, serta kacang-kacangan.
Pilihlah daging tanpa lemak. Daging lebih baik daripada pemotongan lemak. Pikirkan payudara tanpa kulit ayam, ikan, produk susu rendah lemak, dan produk kedelai seperti tahu.

Konsultasi Dokter

Konsultasikan dengan dokter bunda tentang menggunakan resep atau herbal suplemen untuk meningkatkan ASI. bat resep kadang-kadang digunakan sebagai upaya terakhir oleh dokter untuk mengobati produksi susu rendah pada ibu menyusui. Obat herbal alami seperti Larsi juga bisa digunakan untuk alternatif pilihan peningkatan ASI.
Memompa Air Susu

Memompa bermanfaat untuk dua alasan. Pertama, memompa memungkinkan bunda untuk menyimpan ASI ketika bayi bunda tidak membutuhkannya, yang memungkinkan bunda mengumpulkan dan menyimpan susu. Kedua, memompa merangsang produksi ASI lebih.Investasi di pompa berkualitas tinggi. Pumping tidak persis bumbu kehidupan, sehingga membayar untuk berinvestasi dalam satu yang bekerja dengan baik. bunda dapat menyewa pompa rumah sakit jika bunda tidak memiliki kualitas tinggi, pompa gbunda.
Apakah bunda di tempat kerja atau di rumah, pertimbangkan memompa selama 15 menit setiap beberapa jam. Entah itu, atau pompa selama 5 sampai 10 menit setelah menyusui. Memompa setidaknya 8 kali selama periode 24-jam akan membantu dengan cepat meningkatkan produksi ASI. Jika bunda tidak dapat memompa segera setelah menyusui, cobalah untuk memompa tengah di antara menyusui.
Pompa kedua payudara pada saat yang sama. Memompa kedua payudara akan memberikan ASI dua kali lebih banyak dua kali lebih cepat selain membantu merangsang produksi yang lebih

Batasi Penggunaan Dot dan Botol

Batasi penggunaan dot dan botol saat bunda sedang mencoba untuk membuat ASI lebih. Hal ini akan memastikan semua kebutuhan mengisap bayi bunda dia dapatkan di payudara. Sebagai bayi semakin besar, akan lebih mudah baginya untuk pergi bolak-balik dari payudara ke dot tanpa bunda kehilangan rangsangan penting untuk payudara. Jika bunda menggunakan botol untuk melengkapi penyusuan, cobalah untuk menggantikan mereka dengan jarum suntik atau sendok.